TUGAS PRAKTEK INFORMATIKA

Pentingnya Makanan Sehat Bergizi di Masa Pertumbuhan                                             Remaja SMP                                            

 

     Masa remaja adalah masa dimana kita mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang mengakibatkan perubahan fisik maupun mental. Perubahan pada remaja ini dapat menimbulkan berbagai permasalahan dan perubahan perilaku bagi remaja itu sendiri. Perubahan perilaku ini salah satunya adalah pola pengonsumsian makanan pada remaja yang cenderung mengarah pada pola makan yang tidak sehat. Para remaja khususnya siswa Smp cenderung malas mengonsumsi sayur serta buah dan malah lebih memilih mengonsumsi makanan cepat saji . Pada masa remaja ini juga kita melakukan lebih banyak aktivitas sehingga kita memerlukan lebih banyak tenaga agar dapat menunjang aktivitas tersebut serta agar tidak rentan terserang penyakit. Itulah mengapa penting bagi seorang remaja menjaga pola makan yang sehat dan bergizi . 


     Masalah gizi sering sekali terjadi pada siswa SMP. Karna pada awamnya siswa SMP seringkali mengonsumsi jajanan tidak sehat dan tidak bersih seperti bakso,batagor dan makanan bersaos lainnya yang dijual dipinggir jalan . Para siswa yang mengonsumsi makanan tersebut sering kali mengalami masalah pencernaan,meningkatkan resiko penyakit lain,serta berat badan yang naik turun. Jika kita amati lebih jauh dari masa ke masa makin banyak siswa smp yang mengalami masalah gizi. Masalah gizi yang dimaksud seperti kekurangan gizi atau yang biasa kita sebut stunting,kelebihan berat badan (obesitas), serta kekurangan gizi mikro yang menyebabkan anemia. Hal ini dapat menggangu aktivitas pembelajaran si siswa tersebut.





 Beberapa contoh dari makanan yang tidak sehat.



Contoh makanan sehat


     Dalam hal ini diharapkan orang tua, pihak sekolah dan pemerintah berperan aktif dalam menanganinya. Pihak sekolah dapat melakukan beberapa upaya seperti menyediakan kantin sehat disekolah,sarapan sehat bersama disekolah,dan memberikan seminar pentingnya makanan bergizi bagi remaja serta edukasi tentang kebersihan diri dan aktivitas fisik. Sebagai orang tua juga sangat penting untuk memastikan si anak mendapatkan gizi yang cukup. Peran orang tua sangat dibutuhkan dalam hal ini,sebab orang tua lah yang memiliki ikatan serta peran paling dekat bagi si anak. Orang tua dapat memberperan sebagai fasiliator pemberi makanan sehat dan bergizi bagi si anak, pemberian edukasi terhadap mana jajanan yang sehat dan yang tidak sehat ,dan memberikan panutan tentang pola makan yang baik. Dengan adanya upaya - upaya tersebut diharapkan dapat mengurangi angka populasi remaja yang kekurangan gizi di Indonesia. Jika remaja indonesia terkhususnya siswa Smp memiliki gizi yang baik maka akan berpotensi menghasilkan generasi yang berkualitas pula. Makan sehat, hidup sehat, hidup kuat! Makan cerdas untuk generasi cerdas.





https://www.yasanjosiantar.com

https://www.smpcintarakyat1.sch.id

https://www.secretkampus.com

Sekian dan terima kasih 






Komentar

Postingan Populer